Minggu, 27 Januari 2019

Soket dan jalur kabel CDI motor Suzuki

Soket dan jalur kabel CDI motor Suzuki

                          
Jalur warna kabel untuk motor merek Suzuki meliputi Satria FU, Shogun, Smash, Shogun Lama serta beberapa varian dan generasinya.
  • Hitam Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
  • Putih Merah : (+) Pengisian dari magnet
  • Kuning putih : (+) Untuk ke penerangan
  • Merah : (+) Aki
  • Oranye : (+) Kunci kontak
  • Abu-abu : (+) Lampu belakang
  • Putih Hitam : (+) Lampu rem
  • Hijau muda : (+) Sein kanan
  • Hitam : (+) Sein kiri
  • Kuning putih : (+) Lampu depan
  • Putih – Biru : (+) Koil ke CDI
  • Biru Kuning : (+) Pulser ke CDI




Minggu, 06 Januari 2019

Pengertian dan Fungsi komponen blok silinder pada mesin

Pengertian dan Fungsi komponen blok silinder pada mesin

fungsi blok silinder pada mesin itu sangat vital karena digunakan sebagai tempat utama bergeraknya mesin. Bisa dibilang blok silinder adalah tubuh utama mesin yang menyambungkan seluruh komponen komponennya. Fungsi blok mesin yang lainya adalah sebagai berikut

1. sebagai tempat piston beroperasi atau naik turun
2. sebagai tempat blok silinder berdiri
3. sebagai tempat berdirinya poros engkol dan mekanismenya
4. sebagai tempat perlindungan komponen  liner dan saluran oli
5. sebagai tempat water jacket
6. sebagai tempat altenator berdiri

selain enam fungsi diatas pastinya masih ada banyak fungsi blok silinder yang tidak bisa disebutkan. intinya blok mesin itu terletak di tengah-tengah mesin atau central engine component. oleh karena itu letak nomor mesin pasti berada pada blok silinder.

meski diemikian blok silinder juga merupakan komponen  mesin yang rawan aus karena kinerjanya selalu bergesekan dengan ring piston oleh karena itu pada beberapa kasus blok silinder bisa aus. solusinya yakni dengan melakuka bore up atau oversize. langkah ini diambil agar posisi silinder bisa kembali pas dengan piston.

hanya saja oversize juga ada batasnya jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun maka bisa kemungkinan ada kerusakan blok silinder yang tidak bisa diperbaiki. solusinya yakni dengan melakukan penggantian blok dengan komponen baru artinya ganti blok juga ganti nomor mesin, ujung ujungnya hal ini akan merepotkan.

pengertian blok silinder sendiri adalah sebuah komponen vital kendaraan khususnya bagian mesin yang berfuingsi untuk tempat piston beroperasi. Selain itu pada blok silinder juga terdapat water jacket yang fungsinya untuk mendinginkan mesin melalui selubung air.

bahan pembuat blok terbuat dari besi tuang yang kuat dan berat. namun pada liner biasanya terbuat dari bahan alumunium agar lebih leluasa bergesekan dengan ring piston sehingga lebih awet dan licin.

ada tiga jenis blok mesin antara lain

1. single blok


blok silinder tunggal hanya memiliki satu buah blok silinder dan biasanya terdapat pada mesin sepeda motor

2. twin bok / V blok

konfigurasi kedua ditemui juga pad motor gede dengan dua buah silinder yang membentuk huruf V. selain itu pada mobil mobil sport v blok dengan jumlah silinder 6 hingga 12 pun banyak digunakan karena daya dan kapasitasnya cukup besar

3. inline blok

tipe yang paling umum digunakan pada mobil mobil keluarga atau niaga adalah tipe segaris dengan konfigurasi 4 silinder. tipe ini dikenal irit dan memiliki kapasitas sedang.....


Aiyub motor.. semoga bermanfaat

Selasa, 11 Desember 2018

Pengertian dan Cara Kerja Mesin 2 Tak

Pengertian dan Cara Kerja Mesin 2 Tak


Pengertian 2 TAK

Pengertian mesin dua tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi.
Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.

Prinsip Kerja Mesin 2 Tak

Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
Ruang bilas yaitu ruangan dibawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft), sering disebut dengan bak engkol (crankcase) berfungsi gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas bisa tercampur lebih merata.
Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.

Langkah Pertama

Berikut adalah cara kerja pada langkah pertama sebuah mesin 2 Tak :
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB.
  • Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat.
  • Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  • Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  • Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  • Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar

Langkah ke-Dua

Berikut adalah langkah ke dua cara kerja mesin 2 Tak :
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  • Pada saat piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. (Lihat pula:Sistem bahan bakar)
  • Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.
  • Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  • Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna.

Perbedaan Design 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Pada mesin dua tak, dalam satu kali putaran poros engkol (crankshaft) terjadi satu kali proses pembakaran sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua kali putaran poros engkol.
Pada mesin empat tak, memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam bekerja dengan fungsi membuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan, sedangkan pada mesin dua tak, piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan. Pada awalnya mesin dua tak tidak dilengkapi dengan katup, dalam perkembangannya katup satu arah (one way valve) dipasang antara ruang bilas dengan karburator dengan tujuan :
Agar gas yang sudah masuk dalam ruang bilas tidak kembali ke karburator.
Menjaga tekanan dalam ruang bilas saat piston mengkompresi ruang bilas.
Lubang pemasukan dan lubang pembuangan pada mesin dua tak terdapat pada dinding silinder, sedangkan pada mesin empat tak terdapat pada kepala silinder (cylinder head). Ini adalah alasan paling utama mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan Mesin 2 Tak dibandingkan dengan Mesin 4 Tak :

Kelebihan Mesin 2 Tak

Jika kita membandingkan mesin 2 tak dengan mesin empat tak maka kelebihan mesin 2 tak adalah :
Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
Meskipun memiliki kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama mobil karena memiliki kekurangan.

Kekurangan Mesin 2 Tak

Berikut adalah kekurangan mesin 2 Tak jika dibandingkan dengan mesin 4 tak :
Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua tak lebih tinggi dibandingkan mesin empat tak.
Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk langsung ke lubang pembuangan.
Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.

Kamis, 18 Oktober 2018

Cara Merakit Motor Grasstrack Berikut Biaya Pembuatan

Cara Merakit Motor Grasstrack  Berikut Biaya Pembuatan

Motor Grasstrack Dunia Otomotif di tanah air sepertinya tidak lekang dimakan waktu, dengan selalu beragamnya acara-acara yang selalu mewarnai baik dunia balap, kontes sampai keluarnya produk-produk terbaru.
Baik dari pabrikan ataupun dari merk-merk Racing.
Memang di Indonesia antusias Dunia Otomotif sangatlah tingggi, buktinya setiap event yang digelar selalu ramai peminat mulai dari pencinta otomotif sampai masyarakat biasa.
Pertumbuhan dunia balap baik Road Race, Drag ataupun Grasstrack banyak diminati kaum muda maupun tua.
Lihat aja pada setiap event yang diadakan antusias penonton sangatlah tinggi.
Nah kali ini penulis mau membahas tentang “Cara Merakit Motor Grasstrack dan Berikut Biaya Pembuatan”.
Sebenernya mudah aja bagi mereka yang memiliki kantong tebal, karena untuk saat ini sangat banyak sekali penyedia jasa, yang sudah ahli dalam membuat frame atau rangka motor Grasstrak atau untuk hobi
Sebenernya rangka buat Grasstrack atau untuk Trabas sama aja paling yang berbeda dibagian mesin, spek untuk Trabas tidak se-extrime untuk Grasstrack.
Motor Grasstrack
Lalu motor apa saja yang cocok digunain untuk Grasstrack atau Trabas, sebetulnya motor apa aja bisa dibikin, cuma banyak hal teknis yang tidak cocok untuk digunain Grastrack atau Trabas, seperti parts nya yang mahal, mesin yang kurang agresif, bentuk mesin terlalu besar.
Lalu motor apa yang cocok untuk Grastrack dan Trabas?
Sebetulnya banyak cuma penulis ambil garis besarnya aja atu penulis kasih contoh motor yang sering banget digunain seperti  Yamaha Jupiter Z, Yamaha F1zr, Honda Blead atau Kawasaki Ninja R.
Penulis sendiri menggunakan motor lawas yaitu Yamaha jupiter z. Kenapa penulis menggunakan motor jupiter z sebenernya simpel aja, motorjupiter z harganya murah dan parts nya juga mudah dicari dan harganya parts nya juga ramah dikantong.
Lalu biaya pembuatannya habis berapa. Nah kalau ditanya ini penulis susah menjelaskanya.
Lah ko bisa bikin artikel ini kalau tidak bisa menjawab!.
Tenang tenang penulis akan membeberkanya secara jelas, so baca artikel ini sampai habis ya….

Motor Grasstrack
Membuat motor Grasstrack atau Trabas bisa dibikin semurah mungkin dan bisa dibikin semahal mungkin, kenapa bisa gitu?
Ya betul tergantung parts-parts yang digunakan, mau memakai parts dari motor biasa atau mau menggunakan parts Special Engine.
Bila memakai parts Special Engine untuk harga shok depan aja bisa Rp 8,5 juta itu second loh atau limbah Se, ingat itu baru shok aja belum yang lain-lain.
Namun sangat sebanding harga sama kualitas yang didapatkan. Penulis sendiri kalau memiliki dana lebih pengen menggunakan part-parts SE.
Namun karena dana tipis dan kalau menunggu nunggu uang terkumpul kapan jadinya.
Penulis sendiri membuat motor Grastrack tipe bebek standar atau bisa dibilang bebek jawa, tadinya niat buat ikut event Grastrack kelas bebek standar makanya harus sesuai regulasi namun dana tidak mencukupi motor nya cuma disimpen dirumah jadi pajangan.
Untuk kebutuhan parts, penulis membelinya sendiri di Jakarta so mungkin ada beberapa perbedaan harga untuk daerah lain.
Penulis sendiri sudah membuatkan tabel harga dibawah ini semoga menjadi patokan harga ketika sobat pengen membuat motor Grasstrack atau Trabas.
Langsung aja ya sob cek dibawah ini :
Rangka motor Grasstrack

Parts yang dibutuhkan

  • Velg TK japan ukuran depan 19/160 dan belakang  16/185 Rp 980.000
  • Tromol Orginal Klx depan belakang Rp 850.000
  • Jari-Jari Orginal Kawasaki depan belakang Rp 135.000
  • Rante merk SSS Ukuran 128 Rp. 285.000
  • Gir depan belakang merk SSS, depan ukuran 14 belakang 50 Rp 160.000
  • Swing Arm Kaze Orginal fullset Rp 500.000
  • Piringan cakram depan belakang merk Willwood Rp 250.000
  • Baut cakram orginal harga satuan Rp 14.000 depan belakang, lupa berapa bautnya pokoknya kira-kira habis Rp 200.000
  • Cakram belakang Satria Fullset lokal Satria Fu Rp 385.000
  • Shok depan mengunakan Shok copotan dari motor Yamaha Rk-king, beli bekas Rp 850.000
  • Shok belakang merk Yss Rp 350.000
  • Ban depan menggunakan merk Irc iX-05 H series ukuran 70/100-19 Rp 347.000
  • Ban belakang mengunakan merk Irc iX-09 W Series ukuran 90/100-16 Rp 585.000
  • Body sett Yz85 merk lokal Rp 400.000
  • Stang Trail lupa merk harga Rp 225.000
  • Step atau pijakan Kaki Rp 12.0000
  • Selahan jupiter z Rp 75.000
  • Padud busi merk KTC Rp 35.000
  • Handgrip lupa merk Rp 80.000
  • Selang depan belakang rem merk TDR Rp 160.000
  • Kampas kopling Kopling buat Yamaha FR Rp 145000
  • Pembuatan Rangka Rp 1.500000
  • Cat Rangka Rp 500.000
  • Trial dan eror Rp 1.000.000 (termasuk baut-baut dan parts kecil-kecil)
20160105_185322
Kaki dan Rangka motor Grasstrack
Dengan dana kurang lebih Rp 12.000.000 penulis sudah memiliki motor Grasstrack atau Trabas.
Walaupun masih jauh dari kata sempurna, setidaknya sudah memiliki motor yang siap diajak beraksi dimedan tanah.
Baca :aiyub motor
Untuk urusan dapur pacu penulis belum merubah apapun karena dana nya udah keburu habis, cuma sektor kopling aja dirubah menggunakan piber kopling Yamaha biar tarikan awal enak dan tahan lama.
Mungkin itu sedikit artikel yang penulis bisa buat, semoga bermanfaat ya dan jangan lupa liek  ya.aiyub motor
Terima kasih.

Cara mudah mencopot bos honda metic