Kamis, 26 Agustus 2021

Ukuran Bering Rasio/kruas Yamaha Jupiter MX lama

UKURAN BERING RASIO DAN KRUK AS JUPITER MX LAMA

UKURAN BERING JUPITER MX BAGIAN KRUK AS DAN RASIO




Kruk As                      : 6305  (2 pcs)
                                   
Noken As                   : 6001-Z

Noken As                   : 6906/C3

Rasio                          : 6002 c3

Rasio.                         :6202 c3

Rasio                          : 6004 c3

Rasio                          : 6204 c3

Roda Depan.             : 6300-Z/MT (2 pcs)
                                     

Roda Belakang          : 6301-RS1/MT

Roda Belakang          : 6301-Z/MT

Gear                           : 6004-Z/C3.

Pompa Air Radiator : 6000



https://youtu.be/oVOvgiqDXF4





Minggu, 26 April 2020

CARA PASANG KRUK AS DENGAN ALAT SEDERHANA

 Bagi kalian yang hobinya bongkar pasang mesin baik itu untuk balap maupun harian hal ini pastinya sudah Ngeh kalau ke Presisi-an antara part/komponen mesin satu dengan yang lain itu harus dijaga.


Fungsi alat ini yakni untuk menghindari pemukulan ujung kruk-as yang dapat saja menyebabkan kruk-as tersebut menjadi goyang karena di pukul. Prinsipnya alat ini hanya cukup memutar baut yang menempel di beberapa bagian crank-case dan simsalabim kruk-as pun sudah terlepas. Jadi mau serapet apapun akan sangat mudah terbuka oleh alat ini.
Bagi mekanik yang sudah paham betul dengan isi mesin. Memukul bagian part tersebut hal yang tidak dianjurkan karena akan dapat mengakibatkan ke presisi-an komponen di dalam mesin akan dapat terganggu dan biasanya muncul gejala seperti motor tidak bisa berjalan dengan maksimal, mesin bergetar, bunyi-bunyi aneh hingga lebih parahnya akan merusak mesin motor


Sebenarnya gampang-gampang susah buat misahin kedua part ini. Kadang tidak perlu dipukul alias cukup di cabut dengan tangan udah bisa di copot karena kerapetan antara bearing kruk-as dengan dinding crank case tidak terlalu rapet.



Hal ini berbeda dengan mesin baru yang semuanya masih terbilang Fresh dan Virgin hehehhehehe,,, yang pastinya bagian kruk-as susah di buka karena masih rapet alias bin pageh.
Di ingat “Kruk-as itu part yang paling Vital di mesin 2T maupun di 4T” apalagi untuk mesin kompetisi, kruk-as mempunyai faktor yang penting. Kalau kita salah bongkar bisa-bisa kruk-as bisa Goyang Itik,,,hehehhe,,
Ujung-ujungnya si motor pun ga akan bisa berlari maximal cuman gara-gara kita nge-getok kruk-as doang. Jadi berhati-hati saat kita ngebongkar dan diperlukan juga alat khusus untuk membuka part yang sulit untuk dibongkar.
Demikianlah pembahasan mengenai () semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian, terima kasih banyak atas kunjungannya.

CARA PASANG RASIO YAMAHA FIZ R/FORCE

Yamaha FIZ R siapa yang tidak tahu motor yamaha f1zr?

  1. Sudah tidak asing bukan? Produk yamaha berdesain bebek ini mempunyai tenaga lebih bandel di bandingkan bebek-bebek lain, mengapa demikian?
Karna mesin motor bebek ini 2 tak, sedikit boros terhadap bahan bakar dan membutuhkan oli samping sebagai pelumas mesin. Motor jenis f1zr ini banyak di manfaat kan oleh orang-orang yang senang bermain grass track atau balapan motor di areal tanah.Cara merakit gearbox pada Yamaha FIZ R  sangatlah mudah. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.
1. Kumpulkan komponen gearboxnya
Komponen tersebut antara lain adalah gear pada mainshaft dan layshaft, garpu, pin, clip, ring, dan botol pemindah garpu.
2. Letakkan crankcase di tempat yang memudahkan pengerjaan

Sebaiknya crankcase diletakkan di kursi yang dibalik atau sejenisnya, supaya kita mudah memasukkan gearbox ke crankcase nya.
3. Rakit komponen secara teratur
Komponen yang sudah terkumpul dirakit terlebih dahulu di bawah, dan bukan di crankcase. Ingat! Susunan gear tidak boleh salah. Untuk gigi 1st primer tidak perlu dipasang terlebih dahulu. Untuk motor Jupiter ini sangat terlihat perbedaannya, sehingga sangat mudah menyusun gearboxnya.
4. Masukkan gearbox ke crankcase

Setelah gearbox tersusun rapi, mulai pas kan as mainshaft dan layshaft pada masing-masing lubang yang sudah ada laher nya. Setelah botol juga terpasang, tonjolan garpu sudah pas, dan gearbox juga pas, silahkan tekan perlahan menggunakan tangan. Jika pemasangan benar, maka gearbox akan masuk sendiri.
5. Pasang gear 1st
Gear kecil yang tadi belum terpasang dapat dipasang sekaran, dan jangan lupa terdapat ring. Cek gambar untuk lebih detailnya.
6. Cek kelancaran proses perpindahan gigi
Botol pemindah gigi dapat diputar untuk melihat pergerakan/pergeseran gearbox. Agar mudah, gearbox ikut diputar menggunakan tangan karena sistem presneling motor Jupiter menggunakan sistem constant mesh.

Sabtu, 15 Februari 2020

FUNGSI KIPROK/REGULATOR MOTOR

Kiprok/Regulator juga berfungsi sebagai sebagai penstabil arus ke lampu, menyesuaikan dengan kebutuhan arus lampu, kalau kelebihan arus bisa putus bohlamnya

Bila arus yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge, sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang.
Selain itu, fungsi Kiprok atau Regulatorini untuk mengubah atau penyearah arus yang dihasilkan spul, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul dengan jenis AC (alternating current), diubah menjadi DC (direct current).
"Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berupa AC, sementara listrik yang bisa disimpan di dalam aki itu harus DC, jadi harus disearahkan dahulu melalui Kiprok terang Ribut.

Jika tipe lampu depan motor masih menggunakan sistem AC, Kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu.

Selasa, 21 Mei 2019

Cara pasang Kruk as Tampa di ketok

Buat yang hoby bongkar pasang mesin balap maupun harian pasti udah NGEH kalo ke PRESISI-AN antara part/komponen mesin satu dengan yang lain itu harus di jaga ( Bukan pacar aja yang harus di jaga ), melenceng sedikit bisa ambrul tuh mesin hehehe. APalagi klo udah Turun mesin, otomatis bagian bagian part harus di bongkar mulai dari koplin,kampas kopling sampe Kruk-AS. Nahhh untuk bagian KRUK-AS kalian mesti berhati hati sewaktu memisahkan antara Crank Case dan Kruk-as. Masih banyak mekanik yang ngebongkar bagian ini dengan cara di Pukul alias di DAGOR  Cara ini masih lazim di lakukan oleh mekanik yang belum ngerti cara kerja Kruk-as yang sensitif. Hayooooo ngakuuu siapa tuh yang sering mukul Kruk-as sewaktu misahin dari Crank Case ???????? 


Kali ini atau akrab di sapa Om yang sudah ga perlu di ragukan lagi kemampuan dalam naik turun mesin. ” Fungsi alat ini untuk menghindari pemukulan Ujung kruk-as yang bisa menyebabkan kruk-as menjadi Goyang karena di pukul. Prinsipnya seperti Tracker pembuka magnet. Cukup memutar Baut yang menempel di beberapa bagian crank-case dan simsalabim kruk-as pun sudah terlepas. Jadi mau serapet apapun akan mudah terbuka oleh alat ini tutur om Yong. Untuk membuatnya pun ga ribet dan ga makan biaya terlalu banyak.
Untuk mekanik yang sudah paham betul dengan isi mesin. Memukul bagian part HARAM HUKUMNYA karena akan mengakibatkan ke presisi-an komponen di dalam mesin akan terganggu dan biasanya muncul gejala gejala seperti motor tidak bisa berjalan maximal, mesin bergetar geli geli basah, bunyi bunyi aneh hingga JEBOL…. ( amit amit……). Sebenernya gampang gampang susah buat misahin kedua part ini. Kadang ga perlu di pukul alias cukup di cabut dengan tangan udah bisa di copot karena kerapetan antara bearing krukas dengan dinding crank case tidak terlalu rapet. Berbeda dengan mesin Baru yang semuanya masih FRESH dan VIRGIN heheheheh pasti bagian kruk-as susah di buka karena masih rapet 
menambahkan ” Ingat Kruk-as Itu part yang paling VITAL di mesin 2T maupun 4T ” apalagi untuk mesin kompetisi, Kruk-as mempunyai faktor yang penting. Kkalo kita salah bongkar bisa bisa kruk-as bisa GOYANG ITIK. Ujung ujungnya si motor ga akan bisa berlari maximal cuman gara gara kita nge getok kruk-as doang. Jadi berhati hati saat kita ngebongkar dan di perlurkan juga alat khusus untuk membuka part yang sulit untuk di bongkar. pun menyediakan Toolkit ini, jadi buat kalian yang ga ada waktu atau ga ngerti proses bikinnya