Minggu, 28 April 2019

FIZ R TAHUN 1998 punya cerita

Ini kisah masa muda papa kamu ya Sob.
       
Jadi, ceritanya, Yamaha punya banyak bebek 2-tak di zaman baheula.
Setelah merilis Yamaha Alfa, Alfa II-R dan Champ, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) merilis Force 1 26 Oktober 1992 (wuihh, kamu udah lahir belum ya?)
Ini bebek penerus yang ngasih kesan stylish, modern dan kencang.
Kalau sekarang kayak MX-King-nya gitu deh kira-kira. 
Tagline yang dikedepankan Yamaha saat itu, Exciting Force 1.
punya bodi nungging dan sudut-sudut runcing. Menjadikannya tampak spesial. 
Maklum, zaman dulu motor bebek bodinya datar-datar. 
Yamaha punya air cooling sama kayak Suzuki yang sudah lebih dulu memakainya. 
Generasi Force 1 ini panjang umur lo. Sebab baru almarhum tahun 2004 lewat model berbasi Force 1 ini, yaitu F1Z-R.
Nah, kasih unjuk artikel ini sama papa kamu, siapa tahu dia punya nostalgia sama mama kamu naik motor ini. hehe...AIYUB MOTOR 


Kamis, 07 Februari 2019

Soket dan jalur kabel CDI motor Honda

Soket dan jalur kabel CDI motor Honda

Data yang diberikan ini termasuk untuk jenis motor honda keluaran terbaru termasuk motor matic maupun lainnya yaitu Beat, Vario, Grand, Tiger, Karisma beserta generasinya.
  • Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
  • Merah : (+) Aki
  • Hitam : (+) Kunci kontak
  • Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
  • Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
  • Biru : (+) Lampu jauh
  • Abu-abu : (+) Flaser
  • Biru laut : (+) Sein kanan
  • Oranye : (+) Sein kiri
  • Coklat : (+) Lampu kota
  • Hitam Merah : (+) Spul CDI
  • Hitam Putih : (+) Kunci kontak
  • Hitam – Kuning : (+) Koil
  • Biru Kuning : (+) Pulser CDI
  • Hijau Kuning : (+) Lampu rem

Soket dan jalur kabel CDI motor Kawasaki

Soket dan jalur kabel CDI motor Kawasaki

Selanjutnya adalah warna kabel sistem pengapian untuk motor Kawasaki diantaranya  KLX 150, warna kabel soket cdi Ninja RR.
  • Hitam Kuning : (-) Masa
  • Putih Merah : (+) Aki
  • Merah Hitam : (+) lampu depan jauh/dim
  • Merah kuning : (+) Lampu depan dekat
  • Abu abu : (+) Sein kanan
  • Hijau : (+) Sein kiri
  • Biru : (+) Lampu rem
  • Merah : (+) Lampu belakang
  • Coklat : (+) Klakson
CDI memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja mesin motor karena sebagai pusat pengendali pengapian.
Meskipun demikian komponen penunjang sistem pengapian lainnya juga memiliki peran yang saling berhubungan sehingga semua bekerja saling melengkapi mulai dari spul pengisian, aki, fulser, CDI, Koil hingga pada akhirnya berakhir untuk menyalakan busi.

Kamis, 31 Januari 2019

Soket dan jalur kabel CDI motor Yamaha

Soket dan jalur kabel CDI motor Yamah

 
         Jalur warna kabel berikut ini adalah untuk motor pabrikan Yamaha termasuk Vega zr, Scorpio, Jupiter z, Mio, cdi Vega.
  • Hitam : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
  • Merah : (+) Arus positif dari Aki
  • Kuning : (+) Lampu depan jauh
  • Hijau : (+) Lampu depan dekat
  • Coklat : (+) Sein kiri
  • Hijau : (+) Arus beban (penerangan dll)
  • Putih Merah : (+) Pulser
  • Hijau Hitam : (+) Rem 
 

Minggu, 27 Januari 2019

Soket dan jalur kabel CDI motor Suzuki

Soket dan jalur kabel CDI motor Suzuki

                          
Jalur warna kabel untuk motor merek Suzuki meliputi Satria FU, Shogun, Smash, Shogun Lama serta beberapa varian dan generasinya.
  • Hitam Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
  • Putih Merah : (+) Pengisian dari magnet
  • Kuning putih : (+) Untuk ke penerangan
  • Merah : (+) Aki
  • Oranye : (+) Kunci kontak
  • Abu-abu : (+) Lampu belakang
  • Putih Hitam : (+) Lampu rem
  • Hijau muda : (+) Sein kanan
  • Hitam : (+) Sein kiri
  • Kuning putih : (+) Lampu depan
  • Putih – Biru : (+) Koil ke CDI
  • Biru Kuning : (+) Pulser ke CDI




Minggu, 06 Januari 2019

Pengertian dan Fungsi komponen blok silinder pada mesin

Pengertian dan Fungsi komponen blok silinder pada mesin

fungsi blok silinder pada mesin itu sangat vital karena digunakan sebagai tempat utama bergeraknya mesin. Bisa dibilang blok silinder adalah tubuh utama mesin yang menyambungkan seluruh komponen komponennya. Fungsi blok mesin yang lainya adalah sebagai berikut

1. sebagai tempat piston beroperasi atau naik turun
2. sebagai tempat blok silinder berdiri
3. sebagai tempat berdirinya poros engkol dan mekanismenya
4. sebagai tempat perlindungan komponen  liner dan saluran oli
5. sebagai tempat water jacket
6. sebagai tempat altenator berdiri

selain enam fungsi diatas pastinya masih ada banyak fungsi blok silinder yang tidak bisa disebutkan. intinya blok mesin itu terletak di tengah-tengah mesin atau central engine component. oleh karena itu letak nomor mesin pasti berada pada blok silinder.

meski diemikian blok silinder juga merupakan komponen  mesin yang rawan aus karena kinerjanya selalu bergesekan dengan ring piston oleh karena itu pada beberapa kasus blok silinder bisa aus. solusinya yakni dengan melakuka bore up atau oversize. langkah ini diambil agar posisi silinder bisa kembali pas dengan piston.

hanya saja oversize juga ada batasnya jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun maka bisa kemungkinan ada kerusakan blok silinder yang tidak bisa diperbaiki. solusinya yakni dengan melakukan penggantian blok dengan komponen baru artinya ganti blok juga ganti nomor mesin, ujung ujungnya hal ini akan merepotkan.

pengertian blok silinder sendiri adalah sebuah komponen vital kendaraan khususnya bagian mesin yang berfuingsi untuk tempat piston beroperasi. Selain itu pada blok silinder juga terdapat water jacket yang fungsinya untuk mendinginkan mesin melalui selubung air.

bahan pembuat blok terbuat dari besi tuang yang kuat dan berat. namun pada liner biasanya terbuat dari bahan alumunium agar lebih leluasa bergesekan dengan ring piston sehingga lebih awet dan licin.

ada tiga jenis blok mesin antara lain

1. single blok


blok silinder tunggal hanya memiliki satu buah blok silinder dan biasanya terdapat pada mesin sepeda motor

2. twin bok / V blok

konfigurasi kedua ditemui juga pad motor gede dengan dua buah silinder yang membentuk huruf V. selain itu pada mobil mobil sport v blok dengan jumlah silinder 6 hingga 12 pun banyak digunakan karena daya dan kapasitasnya cukup besar

3. inline blok

tipe yang paling umum digunakan pada mobil mobil keluarga atau niaga adalah tipe segaris dengan konfigurasi 4 silinder. tipe ini dikenal irit dan memiliki kapasitas sedang.....


Aiyub motor.. semoga bermanfaat