Ganti Kampas Kopling Yamaha Force-1: BIAYA HEMAT TARIKAN HEBAT
Pada sepeda motor yang usianya sudah tua, wajar bila ada komponen
bergerak yang minta di ganti. Contohnya, kampas kopling Yamaha Force-1.
Gerungan mesin yang tidak diikuti laju motor menandakan komponen selip
alias aus. Cara mengatasinya, kampas kopling harus diganti. Bila
tawarannya dulu ada orisinal atau lokal, sekarang ada pilihan baru:
mengadopsi milik Suzuki FR80."Dijamin sip,"
PENYESUAIAN
Maksud "Sip", selain dibandrol 50 % lebih murah, untuk kerja lebih oke,
juga mudah didapat. Malah beberapa tim balap mengandalkan kampas kopling
ini untuk motornya. Secara fisik peranti ini lebih tebal dan lebar
dibandingkan punya asli Yamaha. Untuk memasangnya, mesti ada sedikit
penyesuaian. Seperti membubut beberapa bagian, yakni rumah kopling dan
dudukan (bos) kampas kopling. Daripada penasaran, kenapa tidak dicoba?
Beda kampas FR80 (kiri) dan Force-1 (kanan) |
Bisa dikerjakan sendiri dan sedikit orderan buat tukang bubut. Cara ini
juga berlaku untuk Force-1 yang menganut kopling tangan. Silahkan ikuti
langkah-langkah berikut.
"Pertama, buka baut pembuangan oli transmisi dan tampung dalam wadah.
Setelah itu buka bak kopling sebelah kanan. caranya, lepas tujuh baut
plus pakai obeng ketok. Jangan lupa copot kick starter dengan kunci 10
mm. Hati-hati, jangan sampai pernya lepas. Untuk kopling tangan, harus
melepas tali baut stutnya terlebih dahulu.
Bagian yg dibubut (center cluth) |
Pada komponen utama, kendurkan 4 baut penutup kopling pakai kunci T8.
Lepas rumah kopling. caranya, pakai bantuan kunci penahan (treker) dan
kunci sok 19 mm. Lpeaskan seluruh bagian rumah kolping, juga kampasnya.
Sekarang, lakukan penyesuaian tonjolan kampas kopling FR80 dengan rumah
kopling Force-1. Untuk itu, bibir rumah kopling sedikit dikikir. Karena
tonjolan kampas FR lebih tebal dari milik Force-1. Hasil akhirnya,
kampas harus pas dengan rumah kopling. Hal ini bisa di lakukan sendiri.
Rumah kopling (kiri atas), Poros kopling (kiri bawah),dan kampas kopling FR80 (kanan) |
Langkah berikut, harus ke tukang bubut untuk menyesuaikan diameter dalam
bos kopling Force-1 dengan kampas FR. Ukuran dari 85 mm diperkecil jadi
80 mm. Pisau bubut harus merambah sampai ke dasar komponen ini. Dengan
demikian, 5 kampas dan 4 pelat besi bisa terpasang dengan baik.
Pemasangan tinggal melakukan langkah kebalikan. Hasil akhir boleh
dibedakan rasanya. Untuk kopling manual, tenaga buat menarik tuasnya
sedikit lebih berat. tapi tarikan lebih ringan.
Cara ini juga dapat diaplikasikan pada Yamaha Jupiter-Z dan Yamaha Vega...!!
Cara ini juga dapat diaplikasikan pada Yamaha Jupiter-Z dan Yamaha Vega...!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar