Secara teori, copot satu-persatu peranti
pemindah daya kayaknya gampang betul. Cuma kendurkan 4 atau 6 buah baut
pengikat pakai kunci 10 atau 12, rangkaian yang terdiri dari per,
mangkuk penekan, kampas kopling berikut pelat pun, terurai.
Lain hal jika melepas rumah kopling utama,
yang dibaliknya terdapat gigi sekunder. Lantaran rumah kopling utama
terhubung ke poros gigi rasio, untuk melepasnya harus pakai kunci sok 17
atau 19 mm. Tapi, lepasnya mesti copot mangkuk pengikatnya dulu.
Cuma
bukan cara buka rumah kopling utama yang mau dibahas. Yang lebih
penting dan jadi perhatian jika ingin bongkar-pasang rumah kopling,
adalah cara smart buka baut pengikat mangkuk penekan kampas dan pelat
kopling.
Kalau tidak paham cara buka baut-baut pengikat mangkuk
dudukan kampas dan pelat yang juga didukung pegas, besar kemungkinan
ulir baut gampang dol. Paling parah, rumah ulir di mangkuk penekan
kampas patah karena tidak rata saat proses buka atau pasang.
Kasus seperti ini sering terjadi pada komponen rumah
kopling di motor Honda tipe bebek atau sport. Meskipun tidak menutup
kemungkinan terjadi pada merek lain, yang konstruksi rumah dudukan
kampas dan pelat koplingnya dijepit pakai pegas di masing-masing kaki
dudukan ulir baut, terang Sardin Gorad Pasaribu mekanik Ingin Jaya
Motor.
Di jelaskan mantan instruktur sekolah mekanik HMTC Jakarta
ini, untuk melepas baut pengikat kampas di mangkuk rumah kopling ada
syaratnya. Nggak susah, cuma harus pakai trik khusus agar tidak terjadi
kesalahan fatal. Sebab jika mangkuk atau rumah ulir baut dol dan patah,
part ini nggak mungkin maksimal jika di sambung. Harus beli baru.
Sedang syarat lepas baut pengikat kampas kopling, intinya cuma harus
rata. Sehingga kekuatan per yang menekan masing-masing baut saat akan
dibuka atau dilepas, tidak berat sebelah dan tetap imbang. Hingga, semua
terlepas atau terpasang.
Ini sebabnya ulir baut di tatakan
kampas dan pelat kopling berbahan alumunium babet, gampang dol atau ada
yang patah. Tak boleh ada tekanan yang berat sebelah.
Nah,sekedar saran,
kalau mau buka atau pasang baut penjepit rumah kampas kopling saratnya
harus rata. Maksudnya ke-4 baut dikendurkan pengunciannya satu-persatu
secara bergantian, supaya tekanan tiap pegas tetap imbang hingga pelat
atau kaki dudukan baut tak patah.
Begitupun saat akan
mengencangkan baut. Setelannya, masih sama. Yaitu, tetap seimbang.Cuma
biar kekuatannya tetap merata, saat akan kencangkan baut, proses
ikatnya mesti menyilang. Atau dari baut bawah ke atas lalu ke samping
kanan atau kiri. Dan, itu terus dilakukan hingga semua baut mengikat
kuat, imbuhnya.
Selain harus rata, ketika proses buka-pasang
baut sebaiknya gunakan kunci yang tepat. Sebab meskipun kerja komponen
ini terbilang sangat berat, tetapi proses ikatnya tidak harus sekuat
kerjanya. Mengingat komponen terbuat dari bahan yang tidak terlalu
keras.
Idealnya cukup gunakan kunci T dan proses ikatnya tidak
butuh impact yang kuat. Tapi, hanya dengan perasaan apakah baut seukuran
itu sudah cukup kuat mengikat tiap komponen yang akan diikat atau di
lepas.Usahakan sih hindari penggunaan obeng ketok.
Semoga bermanfaat.