Minggu, 26 April 2020

CARA PASANG RASIO YAMAHA FIZ R/FORCE

Yamaha FIZ R siapa yang tidak tahu motor yamaha f1zr?

  1. Sudah tidak asing bukan? Produk yamaha berdesain bebek ini mempunyai tenaga lebih bandel di bandingkan bebek-bebek lain, mengapa demikian?
Karna mesin motor bebek ini 2 tak, sedikit boros terhadap bahan bakar dan membutuhkan oli samping sebagai pelumas mesin. Motor jenis f1zr ini banyak di manfaat kan oleh orang-orang yang senang bermain grass track atau balapan motor di areal tanah.Cara merakit gearbox pada Yamaha FIZ R  sangatlah mudah. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.
1. Kumpulkan komponen gearboxnya
Komponen tersebut antara lain adalah gear pada mainshaft dan layshaft, garpu, pin, clip, ring, dan botol pemindah garpu.
2. Letakkan crankcase di tempat yang memudahkan pengerjaan

Sebaiknya crankcase diletakkan di kursi yang dibalik atau sejenisnya, supaya kita mudah memasukkan gearbox ke crankcase nya.
3. Rakit komponen secara teratur
Komponen yang sudah terkumpul dirakit terlebih dahulu di bawah, dan bukan di crankcase. Ingat! Susunan gear tidak boleh salah. Untuk gigi 1st primer tidak perlu dipasang terlebih dahulu. Untuk motor Jupiter ini sangat terlihat perbedaannya, sehingga sangat mudah menyusun gearboxnya.
4. Masukkan gearbox ke crankcase

Setelah gearbox tersusun rapi, mulai pas kan as mainshaft dan layshaft pada masing-masing lubang yang sudah ada laher nya. Setelah botol juga terpasang, tonjolan garpu sudah pas, dan gearbox juga pas, silahkan tekan perlahan menggunakan tangan. Jika pemasangan benar, maka gearbox akan masuk sendiri.
5. Pasang gear 1st
Gear kecil yang tadi belum terpasang dapat dipasang sekaran, dan jangan lupa terdapat ring. Cek gambar untuk lebih detailnya.
6. Cek kelancaran proses perpindahan gigi
Botol pemindah gigi dapat diputar untuk melihat pergerakan/pergeseran gearbox. Agar mudah, gearbox ikut diputar menggunakan tangan karena sistem presneling motor Jupiter menggunakan sistem constant mesh.

Sabtu, 15 Februari 2020

FUNGSI KIPROK/REGULATOR MOTOR

Kiprok/Regulator juga berfungsi sebagai sebagai penstabil arus ke lampu, menyesuaikan dengan kebutuhan arus lampu, kalau kelebihan arus bisa putus bohlamnya

Bila arus yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge, sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang.
Selain itu, fungsi Kiprok atau Regulatorini untuk mengubah atau penyearah arus yang dihasilkan spul, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul dengan jenis AC (alternating current), diubah menjadi DC (direct current).
"Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berupa AC, sementara listrik yang bisa disimpan di dalam aki itu harus DC, jadi harus disearahkan dahulu melalui Kiprok terang Ribut.

Jika tipe lampu depan motor masih menggunakan sistem AC, Kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu.

Selasa, 21 Mei 2019

Cara pasang Kruk as Tampa di ketok

Buat yang hoby bongkar pasang mesin balap maupun harian pasti udah NGEH kalo ke PRESISI-AN antara part/komponen mesin satu dengan yang lain itu harus di jaga ( Bukan pacar aja yang harus di jaga ), melenceng sedikit bisa ambrul tuh mesin hehehe. APalagi klo udah Turun mesin, otomatis bagian bagian part harus di bongkar mulai dari koplin,kampas kopling sampe Kruk-AS. Nahhh untuk bagian KRUK-AS kalian mesti berhati hati sewaktu memisahkan antara Crank Case dan Kruk-as. Masih banyak mekanik yang ngebongkar bagian ini dengan cara di Pukul alias di DAGOR  Cara ini masih lazim di lakukan oleh mekanik yang belum ngerti cara kerja Kruk-as yang sensitif. Hayooooo ngakuuu siapa tuh yang sering mukul Kruk-as sewaktu misahin dari Crank Case ???????? 


Kali ini atau akrab di sapa Om yang sudah ga perlu di ragukan lagi kemampuan dalam naik turun mesin. ” Fungsi alat ini untuk menghindari pemukulan Ujung kruk-as yang bisa menyebabkan kruk-as menjadi Goyang karena di pukul. Prinsipnya seperti Tracker pembuka magnet. Cukup memutar Baut yang menempel di beberapa bagian crank-case dan simsalabim kruk-as pun sudah terlepas. Jadi mau serapet apapun akan mudah terbuka oleh alat ini tutur om Yong. Untuk membuatnya pun ga ribet dan ga makan biaya terlalu banyak.
Untuk mekanik yang sudah paham betul dengan isi mesin. Memukul bagian part HARAM HUKUMNYA karena akan mengakibatkan ke presisi-an komponen di dalam mesin akan terganggu dan biasanya muncul gejala gejala seperti motor tidak bisa berjalan maximal, mesin bergetar geli geli basah, bunyi bunyi aneh hingga JEBOL…. ( amit amit……). Sebenernya gampang gampang susah buat misahin kedua part ini. Kadang ga perlu di pukul alias cukup di cabut dengan tangan udah bisa di copot karena kerapetan antara bearing krukas dengan dinding crank case tidak terlalu rapet. Berbeda dengan mesin Baru yang semuanya masih FRESH dan VIRGIN heheheheh pasti bagian kruk-as susah di buka karena masih rapet 
menambahkan ” Ingat Kruk-as Itu part yang paling VITAL di mesin 2T maupun 4T ” apalagi untuk mesin kompetisi, Kruk-as mempunyai faktor yang penting. Kkalo kita salah bongkar bisa bisa kruk-as bisa GOYANG ITIK. Ujung ujungnya si motor ga akan bisa berlari maximal cuman gara gara kita nge getok kruk-as doang. Jadi berhati hati saat kita ngebongkar dan di perlurkan juga alat khusus untuk membuka part yang sulit untuk di bongkar. pun menyediakan Toolkit ini, jadi buat kalian yang ga ada waktu atau ga ngerti proses bikinnya
Secara teori, copot satu-persatu peranti pemindah daya kayaknya gampang betul. Cuma kendurkan 4 atau 6 buah baut pengikat pakai kunci 10 atau 12, rangkaian yang terdiri dari per, mangkuk penekan, kampas kopling berikut pelat pun, terurai.

Lain hal jika melepas rumah kopling utama, yang dibaliknya terdapat gigi sekunder. Lantaran rumah kopling utama terhubung ke poros gigi rasio, untuk melepasnya harus pakai kunci sok 17 atau 19 mm. Tapi, lepasnya mesti copot mangkuk pengikatnya dulu.

Cuma bukan cara buka rumah kopling utama yang mau dibahas. Yang lebih penting dan jadi perhatian jika ingin bongkar-pasang rumah kopling, adalah cara smart buka baut pengikat mangkuk penekan kampas dan pelat kopling.

Kalau tidak paham cara buka baut-baut pengikat mangkuk dudukan kampas dan pelat yang juga didukung pegas, besar kemungkinan ulir baut gampang dol. Paling parah, rumah ulir di mangkuk penekan kampas patah karena tidak rata saat proses buka atau pasang.
Kasus seperti ini sering terjadi pada komponen rumah kopling di motor Honda tipe bebek atau sport. Meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada merek lain, yang konstruksi rumah dudukan kampas dan pelat koplingnya dijepit pakai pegas di masing-masing kaki dudukan ulir baut, terang Sardin Gorad Pasaribu mekanik Ingin Jaya Motor.

Di jelaskan mantan instruktur sekolah mekanik HMTC Jakarta ini, untuk melepas baut pengikat kampas di mangkuk rumah kopling ada syaratnya. Nggak susah, cuma harus pakai trik khusus agar tidak terjadi kesalahan fatal. Sebab jika mangkuk atau rumah ulir baut dol dan patah, part ini nggak mungkin maksimal jika di sambung. Harus beli baru.
















 Sedang syarat lepas baut pengikat kampas kopling, intinya cuma harus rata. Sehingga kekuatan per yang menekan masing-masing baut saat akan dibuka atau dilepas, tidak berat sebelah dan tetap imbang. Hingga, semua terlepas atau terpasang.
Ini sebabnya ulir baut di tatakan kampas dan pelat kopling berbahan alumunium babet, gampang dol atau ada yang patah. Tak boleh ada tekanan yang berat sebelah.
Nah,sekedar saran, kalau mau buka atau pasang baut penjepit rumah kampas kopling saratnya harus rata. Maksudnya ke-4 baut dikendurkan pengunciannya satu-persatu secara bergantian, supaya tekanan tiap pegas tetap imbang hingga pelat atau kaki dudukan baut tak patah.

Begitupun saat akan mengencangkan baut. Setelannya, masih sama. Yaitu, tetap seimbang.Cuma biar kekuatannya tetap merata, saat akan kencangkan baut, proses ikatnya mesti menyilang. Atau dari baut bawah ke atas lalu ke samping kanan atau kiri. Dan, itu terus dilakukan hingga semua baut mengikat kuat, imbuhnya.

Selain harus rata, ketika proses buka-pasang baut sebaiknya gunakan kunci yang tepat. Sebab meskipun kerja komponen ini terbilang sangat berat, tetapi proses ikatnya tidak harus sekuat kerjanya. Mengingat komponen terbuat dari bahan yang tidak terlalu keras.

Idealnya cukup gunakan kunci T dan proses ikatnya tidak butuh impact yang kuat. Tapi, hanya dengan perasaan apakah baut seukuran itu sudah cukup kuat mengikat tiap komponen yang akan diikat atau di lepas.Usahakan sih hindari penggunaan obeng ketok.
Semoga bermanfaat.

Ganti Kampas Kopling Yamaha Force-1: BIAYA HEMAT TARIKAN HEBAT

Pada sepeda motor yang usianya sudah tua, wajar bila ada komponen bergerak yang minta di ganti. Contohnya, kampas kopling Yamaha Force-1. Gerungan mesin yang tidak diikuti laju motor menandakan komponen selip alias aus. Cara mengatasinya, kampas kopling harus diganti. Bila tawarannya dulu ada orisinal atau lokal, sekarang ada pilihan baru: mengadopsi milik Suzuki FR80."Dijamin sip,"

PENYESUAIAN
Maksud "Sip", selain dibandrol 50 % lebih murah, untuk kerja lebih oke, juga mudah didapat. Malah beberapa tim balap mengandalkan kampas kopling ini untuk motornya. Secara fisik peranti ini lebih tebal dan lebar dibandingkan punya asli Yamaha. Untuk memasangnya, mesti ada sedikit penyesuaian. Seperti membubut beberapa bagian, yakni rumah kopling dan dudukan (bos) kampas kopling. Daripada penasaran, kenapa tidak dicoba?

Beda kampas FR80 (kiri) dan Force-1 (kanan)
Bisa dikerjakan sendiri dan sedikit orderan buat tukang bubut. Cara ini juga berlaku untuk Force-1 yang menganut kopling tangan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
"Pertama, buka baut pembuangan oli transmisi dan tampung dalam wadah. Setelah itu buka bak kopling sebelah kanan. caranya, lepas tujuh baut plus pakai obeng ketok. Jangan lupa copot kick starter dengan kunci 10 mm. Hati-hati, jangan sampai pernya lepas. Untuk kopling tangan, harus melepas tali baut stutnya terlebih dahulu.
Bagian yg dibubut (center cluth)
Pada komponen utama, kendurkan 4 baut penutup kopling pakai kunci T8. Lepas rumah kopling. caranya, pakai bantuan kunci penahan (treker) dan kunci sok 19 mm. Lpeaskan seluruh bagian rumah kolping, juga kampasnya. Sekarang, lakukan penyesuaian tonjolan kampas kopling FR80 dengan rumah kopling Force-1. Untuk itu, bibir rumah kopling sedikit dikikir. Karena tonjolan kampas FR lebih tebal dari milik Force-1. Hasil akhirnya, kampas harus pas dengan rumah kopling. Hal ini bisa di lakukan sendiri.

Teknik Mesin Motor
Rumah kopling (kiri atas), Poros kopling (kiri bawah),dan
kampas kopling FR80 (kanan)
Langkah berikut, harus ke tukang bubut untuk menyesuaikan diameter dalam bos kopling Force-1 dengan kampas FR. Ukuran dari 85 mm diperkecil jadi 80 mm. Pisau bubut harus merambah sampai ke dasar komponen ini. Dengan demikian, 5 kampas dan 4 pelat besi bisa terpasang dengan baik. Pemasangan tinggal melakukan langkah kebalikan. Hasil akhir boleh dibedakan rasanya. Untuk kopling manual, tenaga buat menarik tuasnya sedikit lebih berat. tapi tarikan lebih ringan.

Cara ini juga dapat diaplikasikan pada Yamaha Jupiter-Z dan Yamaha Vega...!!

JENIS SISTEM STARTER ada 3jeni

3 JENIS SISTEM STARTER

1. TIPE PLANETARY

Pada starter tipe ini menggunakan tiga buah gear sebagai penopang poros armature juga sebagai penggerak armature itu sendiri sebelum memutar kopling dan pinion gear.

2. TIPE REDUKSI

Pada starter tipe ini terdapat gear-gear yang saling mereduksi dari kumparan armature hingga ke gear pada poros kopling

3. TIPE KONVENSIONAL

Pada starter tipe ini hanya terdapat satu buah gear yaitu pinion gear yang akan terhubung ke fly wheel gear ketika drive lever mendorong gear tersebut saat starter berputar

URAIAN

Untuk mempersempit materi bahasan tentang sistem starter, blogger hanya akan membahas tentang sistem starter tipe konvensional saja. seperti gambar di bawah ini.

KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI SISTEM STARTER TYPE KONVENSIONAL

1. SWITCH STARTER

Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari baterai

2. PEGAS PLUNYER

Untuk mengembalikan posisi plunyer setelah menekan dan mendorong drive lever

3. PLUNYER

Untuk mendorong dan mengkait drive lever

4. DRIVE LEVER

Untuk mendorong clutch dan pinion gear agar terhubung ke flywheel gear

5. FRONT CASE

Untuk menutup bagaian depan starter

6. STOP COLAR

Untuk membatasi pergerakan clutch dan pinion gear pada poros

7. PINION GEAR

Untuk memutar gear pinion

8. STARTER CLUTCH

Untuk membatasi putaran cepat dari clutch

9. ARMATURE

Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar

10.COMUTATOR

Untuk tempat kedudukan sikat arang yang akan mengalirkan listrik ke armature sehingga terjadi putaran

11.WASHER

Untuk membatasi dan mengunci poros bagian belakang dari starter

12.FIELD COIL

Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar

13.BRUSH HOLDER

Untuk tempat kedudukan brush positif dan negatif

14.BRUSH

Untuk menghantarkan arus listrik pada komutator

15.REAR CASE

Untuk menutup starter bagian depan

16. BOLT

Untuk mengikat secara keseluruhan komponen sistem starter